Yang mana lebih bagus, sepeda dengan frame baja(steel) atau aluminium?

steel frame

Di pasaran ada banyak jenis frame atau rangka sepeda, mulai dari tabung baja, aluminium, titanium atau yang paling luxury yaitu fiber karbon. Tapi dalam tulisan kali ini, kita bahas yang terbuat dari baja dan aluminium dulu. Maklum, karena kedua jenis frame ini yang paling gampang ditemui dan sangat banyak yang memakai kedua jenis frame ini. Mari bahas kedua jenis bahan ini… lets go…

Riding Quality

dari segi riding quality tidaklah begitu mencolok dirasakan, apalagi jika dipakai sebagai sarana komuter dari rumah ke tempat kerja, sekedar menikmati waktu diwaktu senggang dengan bersepeda. Brader tidak akan merasakan perbedaan antara kedua frame ini.

Durabilitas

dari segi durabilitas, sudah jelas steel frame lah rajanya. Entah digetok, ditekan atau sekalian dibanting pun , steel frame tetap yang paling kuat. Sifat besi yaitu sebelum patah, besi akan bengkok dulu. Sedangkan aluminium memiliki sifat seperti gelas, jika kita mencoba membengkokkan maka aluminium akan patah sebelum bengkok. Sedikit saja ada penyok atau retak di rangka aluminium, maka sangatlah riskan untuk dipakai lagi. Berbeda dengan rangka yang berbahan tabung baja, walaupun ada penyok, kita masih berani untuk memakainya.

aluminum frame

Perbandingan kekuatan dan bobotnya.

Banyak yang beranggapan jika frame aluminium itu paling unggul dalam hal bobotnya yang ringan. Dan frame yang berjenis tabung baja itu bobotnya yang super berat. Ya… bisa dibilang itu hanya mitos saja. Jika cara membandingkannya dengan 1 : 1, sudah jelas frame tabung baja akan terkesan sangat berat. Beda lagi ceritanya jika cara membandingkannya dengan jumlah kekuatan yang didapat berbanding volume yang dipakai. Untuk membuat frame aluminium itu cukup kuat, pabrikan pembuat sepeda akan membuat tabung tabung aluminium itu lebih tebal dari frame tabung baja. Dengan lebih tebalnya itu maka bobotpun akan bertambah. Bahkan pabrikan sepeda ada yang menambahkan rangka didalam tabungnya yang berbentuk seperti sarang lebah guna menjamin kekuatan dari frame aluminium ini. Dari sini kita bisa menyimpulkan berat frame baja dan aluminium tidaklah begitu berbeda jauh.

broken aluminum frame

frame aluminium tidak mudah dibengkokkan, tapi jika terjadi benturan maka efeknya rangka langsung patah

Desain frame

Desain dari kedua frame ini juga memiliki perbedaan yang begitu mencolok, steel frame kebanyakan memiliki bentuk bulat atau berbentuk tabung. Sedangkan aluminum frame kebanyakan berbentuk pipih melebar, bentuk pipih ini bukanlah tidak ada alasan. Selain dengan bentuk yang pipih membuat sepeda itu terlihat berdesain modern, ternyata bentuk pipih ini perpengaruh juga pada kekokohan dan daya untuk menahan beban dari pengendara.

Steel frame itu cocoknya untuk long trip atau touring jarak jauh.

Setelah BaliBicycle Pro melakukan riset dari berbagai website, pe-touring lintas negara dan berbagai nara sumber. Kebanyaka dari merekan kompak dengan memilih sepeda dengan frame yang terbuat steel. Alasanya pun sangat simpel, steel frame memiliki kekuatan dan umur yang sangat panjang. Sehingga merekan tidak perlu risau dengan keadaan sepeda mereka kala mengalami benturan ataupun jika diajak melalui medan yang extrem.

Steel frame sendiri ada berbagai jenis. Sepeda dengan harga murah terbuat dari Hi-Tensil Steel, memiliki bobot yang ringan namun kekuatannya agak kurang. Untuk membuat hi-tensil steel ini memiliki kekuatan yang lebih, ketebalan dari tabungnya akan ditambah. Akibatnya bobot keseluruhan dari hi-tensil frame ini akan lebih berat. Jenis bahan yang berikutnya adalah 4130 chromoly steel, memiliki bobot yang ringan dan kekokohannya melebihi hi-tensil steel. Selain itu 4130 chromoly steel memiliki sifat tidak mudah berkarat.

Jadi dari bahasan diatas brader semua bisa menarik kesimpulan, frame besi lebih bagus dibandingkan dengan aluminum frame jika dilihat dari sisi kekuatan dan fungsinya. Dan frame aluminum memiliki keunggulan dari segi bobot yang sedikit lebih ringan dan memiliki desain yang lebih bagus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s