SEAMAN ITU SEAORANG TRAVELER YANG TANGGUH

seaman2
maaf my brader n my sista, fotonya saya curi di group. muka-muka yang kena delay 1 hari di LA

 

Pernah ga brader bertanya pada seorang pelaut atau seaman yang kerja di kapal pesiar, berapa jam mereka terbang dari rumah asal ke Home Port’nya kapal pesiar tersebut. Paling sedikit mereka terbang 2 jam (jika berangkat dari Jakarta dan Home Port’nya kapal di Singapore) dan yang paling lama itu kira – kira 28 – 30an jam (misalnya dari Bali – Hongkong – Canada – New York – Miami).

seaman
skali lagi maaf braders, fotonya saya curi di group. Tampang happy mau pulang..

 

Berkali-kali transit di suatu negara, lari-larian mengejar flight berikutnya, belum lagi ketinggalan pesawat. Penulis sendiri pernah ketinggalan pesawat waktu mau join di Fort Lauderdale FL. Ditinggal pesawat di New York, Proses pengurusan penerbangan berikutnya pun ribetnya bukan ampun, apalagi kita berada di negeri orang plus bahasanya beda, pokoknya ribeeet.

Apalagi bagi anak baru (New Hire) yang sama sekali belum pernah kerja di kapal pesiar, dan belum pernah keluar negeri. Yang paling bikin stres itu saat transit di suatu negara, Airport di luar negeri itu luasnya kebangetan. Misalnya JFK Airport di New York, Saat pertama sampai disana kita akan dihadapi dengan Imigrasi (US Costume). Bagi new hire akan agak kesulitan disini. Costume biasanya akan meng’interview seorang new hire panjang lebar, mereka akan membawa kita ke ruangan khusus dan kita akan dicerca dengan berbagai pertanyaan. Mulai dari tujuan kita ke US, apa pekerjaan kita, apa yang dibawa dalam tas dan banyak lagi.

mang-jana
nasib-nasin, tyap perjalanan pulang sllu sendirian.

Nah setelah lolos dari Costume ini, cobaan belum selesai coeey… Terlebih dahulu kita akan mengambil koper dulu dan membawanya ke terminal berikutnya atau sekalian di Check-in kan di terminal tersebut. Kelas urusan koper, kita selanjutnya menuju ke terminal local dengan menaiki mono rail. Disinilah biasanya kita akan ketinggalan pesawat, karena kita terlalu berlama-lama di costume dan proses peralihan dari terminal internasional ke terminal local.

 

Balik lagi ke bahasan sebelumya, bayangkan flight’nya dari Bali dan final destination’nya Orlando Florida, kita akan berada dalam pesawat kira-kira 27-28 jam (jika ditotal). Kira-kira 10 jam lebih dari Bali ke Qatar, dan yang paling lama itu dari Qatar ke Miami kira-kira 16 jam. Yang terakhir dari Miami ke Orlando 30-45 menitan. Dari Qatar ke Miami selama 16 jam, alangkah tersiksanya kita duduk selama itu. Mati gaya coey…. Badan pegel-pegel, kaki keram, otak mumet, tidur ga bisa, dan yang paling menyiksa itu malu kentut…. wkwkwkwk…. 😀

Jadi brader harus salut pada seorang seaman aka pelaut, alangkah tangguhnya kita ini. Dari pertama menginjakkan kaki di Airport (nangis-nangis ninggalin keluarga tercinta) sampai di tempat tujuan. Penuh dengan cobaan, rintangan, stres yang berkepanjangan.

Thanks brader semua sudah meluangkan waktu ngebaca blog ini, dan make sure… datang lagi ya ngebaca pengalaman penulis di blog ini di lain waktu… see ya… 😉

Advertisements

8 thoughts on “SEAMAN ITU SEAORANG TRAVELER YANG TANGGUH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s