Tips: Persiapan untuk long flight

ADC63671-8DAE-4F0D-9B18-CAACADCCD40F

Pada akhirnya saat-saat itu pun akan tiba, berangkat jauh meninggalkan keluarga tercinta. Jauhnya itu ga karuan-karuan dan lamanya itu juga kebangetan, maklum author dari blog ini seorang seaman aka pelaut. Saya harus terbang ke Orlando Florida – US untuk join dengan salah satu kapal pesiar terbesar di dunia. Penerbangan ini tidaklah semudah penerbangan dari Bali – Jakarta atau Bali – Singapore ataupun Bali – Sydney yang hanya sekali jalan tanfa ada transit dan walaupun ada transitnya itupun maksimal 2 kali transit.

17F6CBA3-76F8-42DE-91A7-3E91CE031676

Bagi para traveller, pelaut, bisnis man atau yang mau libur ke US, yang menjadi momok terbesar dalam perjalanan adalah lama penerbangannya itu atau durasinya plus banyaknya transit yang akan dialami (misalnya : Dari DPS Bali – Qatar – JFK New york – Orlando Florida).

972B56C0-2479-4438-939D-102E0891CE70
Capeknya tuh disini, sampe tidur di lantai.

Tidak berpanjang lebar lagi, Lets straigh to the point. Saya disini akan sharing pada teman-teman semua untuk menghadapi penerbangan jarak jauh aka long flight.

  • Atur barang-barang yang ada di tas kita (Carry-On)

Saat memasuki airport, kita akan melewati banyak pengecekan, entah itu pengecekan barang bawaan kita ataupun dokumen kelengkapan kita (pasport, tiket, Job Letter, Guarantee letter). Utamakan Dokumen-dokumen ini ditempatkan disisi tas atau carry-on yang paling gampang dijangkau dan bila perlu berikan tempat khusus. Saya pribadi menaruh tiket, pasport dan dompet di tas ikat pinggang, guna mempermudah saat pengambilan. Laptop, dokumen lainnya, perbekal makanan ringan, headphone, obat-obatan dan sebagainnya saya tempatkan di tas punggung (backpack)

  • Pakailah pakaian yang nyaman

Karena perjalanan yang akan kita tempuh berdurasi lama, ditotal bisa sampai 2 hari atau  sampai 27 jam didalam pesawat. Maka kenyamanan dalam berpakaian sangat menjadi keharusan. Pakailah pakaian yang agak longgar, guna memberikan kelincahan dan kebebasan saat bergerak. Pakailah ikat pinggang yang terbuat dari bahan non metal, guna mempermudah saat pengecekan di security (kita tidak perlu lagi melepas ikat pinggang). Dan ingat juga memilih sepatu yang sesuai, usahakan sepatu yang kita pakai tidak ada tali pengencangnnya. Pilihlah sepatu dengan pengencang karet, ini akan mempermudah kita saat pelepasan dan pemasangan sepatu saat pengecekan ataupun saat kita beristirahat di pesawat. Hampir lupa, ingat bawa satu ekstra t-shirt sebagai cadangan (just incase)

  • Perlengkapan tidur ringan

Biasanya Airline dengan penerbangan jarak jauh sudah menyediakan selimut tidur, jadi selimut tidaklah begitu penting dibawa. Yang perlu dibawa adalah bantal spesial untuk penerbangan, penutup mata, dan noice cancelling headphone.

  • Download banyak musik atau video untuk handphone kita.

Rasa bosan sudah pasti menghinggapi saat perjalanan jauh ini, apalagi kita berada di dalam pesawat yang durasi penerbangannya hampir 16 jam (Qatar-JFK), kita dipaksa untuk duduk selama itu dan hanya dapat beberapa menit saja waktu untuk berdiri untuk sekedar ke toilet ataupun melakukan peregangan otot. Di dalam pesawat memang sudah disediakan sarana hiburan berupa TV (musik, game, movie, dll), namun masih terasa kurang jika music dan video favorite kita tidak ada disana.

BF68A577-3A14-4909-A07D-E2F57F5F8921

  • Check In lebih awal

Dengan Check in lebih awal, selain menghindari keterlambatan, kita juga akan terhindar dari kelupaan akan sesuatu atau barang bawaan kita. Kita akan merasa nyaman dan tidak tergesa-gesa. Selain itu dengan datang lebih awal kita masih punya waktu untuk membeli makanan ataupun minuman setelah check-in.

  • Beli minuman (air putih) sebelum masuk kedalam pesawat.

Dari pengalaman pribadi, saat berada di dalam pesawat sangatlah sulit mendapatkan air minum, kalaupun kita dapat air minum itu sangat terbatas. Walaupun hanya duduk saja dalam pesawat, kebutuhan akan air minum itu sangat tinggi. Di dalam pesawat sangat riskan terkena dehidrasi, dan itu sangat tidak nyaman.

  • Banyak istirahat sebelum penerbangan

Disarankan untuk beristirahat atau mengurangi kegiatan sehari sebelum melakukan perjalanan udara, dengan cukup istirahat kita akan merasa lebih enerjik, tidak mudah lelah dan stay focus.

Sekian dulu, mungkin teman-teman ada yang ingin menambahkan tips-tips lainnya, silahkan komen di bawah ini

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s