Solo Cycling (Bersepeda Sendirian) di negeri orang.

IMG_1038

Mana sih lebih enakan, bersepeda sendirian atau bersama teman?? menurut saya pribadi, keduanya oke-oke aja kok. Tapi bagaimana kalau bersepeda di negeri orang??. Tergantung juga dengan kondisi wilayah tersebut dan track record kriminalnya gimana.

san juan

usahakan bersepeda di tempat yang banyak orang, untuk menanggulangi risiko kriminal

Continue reading

Advertisements

Gowes di Cozumel Mexico

gowes@cozumel

hey brother semua,.. kali ini saya brada di sebuah kapal pesiar terbesar di dunia, bukan Cruising… hehehehe.. tapi cuma jadi kuli aja.  Pas dapet waktu luang sehabis kerja dan pas kapalnya nyandar di Cozumel Mexico. Saya pun tak menyia-nyiakan maktu, sewa sepeda HR, trus langsung gowes menyisiri Cozumel mexico.

Tidak banyak cang-cing-cong, ini sedikit video yang saya abadikan di Cozumel Mexico…

Electric-Bike, Menyalahi kodratnya sepeda!!!

 

electrik-bike

image from electricbike.com

 

Electric-Bike atau Electric Bicycle atau apapun sebutannya itu untuk sepeda yang diberi bantuang pendorong dari motor elektrik (dinamo). Sepeda dipasangi motor elektik, batre dan kontroler, jadi ga perlu ngayuh lagi, tinggal betot gas. Trus percuma dong naik sepeda ga perlu gowes, sekalian aja naik sepeda motor. Sebenarnya Electric-Bike itu menyalahi kodratnya sepeda, ya… namanya sepeda itu untuk dikayuh. 😦

Continue reading

Kenapa sepeda touring itu paling pasnya dengan roda 26”..??

lowerbike-588x364

picture from bicycle touring pro

Pernah ga brader sekalian kepikiran, kenapa sih kebanyakan sepeda touring jarak jauh itu roda-rodanya berukuran 26” dan bukan yang 700C.

Sebelum pertanyaan tersebut dijawab, mari kita bahas perbedaan dari kedua jenis ban ini, 26 inch dan 700C. Ban 26” sudah pasti karena ukurannya yang 26 inch, selain itu ban 26” ini memiliki tapak yang lebih lebar sehingga luasan ban yang menyentuh ke permukaan jalan lebih luas. Sedangkan ban yang berukuran 700C memiliki lebar kurang dari setengahnya ban 26”, sehingga luasan yang menyentuh jalan sangatlah sedikit. Dengan sedikitnya sisi ban yang menyentuh jalan pada 700C, maka keuntungannya ada pada beban gesekan yang sedikit. Kita pun merasa sangat ringan saat mengayuh sepeda, kecepatan sepeda pun bisa sangat tinggi. Berbeda dengan sepeda yang ber-ban ukuran 26”, dengan tapak yang lebar akan memberikan beban gesekan yang lebih besar.

Continue reading